Keunikan Kerak Telor

| July 26, 2016 | 0 Comments

keraktelor.net : Keunikan Kerak Telor

keunikan kerak telor, inilah 7 alasan kerak telor digandrungi wisatawan, kerak telor, kerak telor bang sapei, kerak telor khas jakarta, makanan khas jakarta, terima pesanan kerak telor, kerak telor asli jakartaKerak Telor adalah makanan khas betawi atau khas jakarta. Makanan yang menjadi salah satu favorit orang jakarta ini memiliki rasa yang khas, gaya pembuatan yang khas dan berbagai keunikan lainnya. mau tau? hmmm… kasih tau gak yah. hehehe berikut beberapa keunikan yang akan aye kasih ke abang-abang dan mpok-mpok semua nya, pantengin terus yah.

1 Di Masak tanpa menggunakan Minyak goreng

Nah, kan dari sini aja udah beda dari biasa saat kita masak. Rata-rata kalau kita masak itu paling gak menggunakan minyak goreng, nah kerak telor ini rada beda, dia masaknya tanpa menggunakan minyak goreng, Bahan-bahan dikumpulkan dalam 1 wajan dan diaduk secara merata. Nah gimana? unik bukan. mudah-mudahan kebayang dah ya, gimana tuh masak tanpa minyak goreng.

2 Di Masak dengan posisi wajan normal dan juga terbalik 180 Derajat

Nah, keunikan kedua yang lagi-lagi bagi kita yang belum pernah melihat cara pembuatan kerak telor pasti bakal bingung ngebayangin nya, hehehe gak usah dibayangin, dibaca terus aja artikelnya nanti juga kebayang. Jadi gini, pertama bumbu-bumbu yang sudah diaduk rata itu di masak dalam posisi biasa umumnya, yaitu posisi wajan normat diatas pemanas, namun, nah ini uniknya setelah bahan kerak telor mulai 3/4 mengering (mateng), posisi wajan ditelungkupkan atau dibalik 180 derajat sehingga posisi kerak telor yang tadinya diatas jadi berhadapan langsung dengan sumber api (baca : bara api). Sehingga bisa dipastikan, posisi kerak telor mateng luar dalam. dan ini salah satu uniknya. tapi kok bisa ya, itu kerak telor nya gak jatuh ke pemanas? Nah kita bahas itu di point tiga ya abang-abang dan mpok-mpok sekalian.

kerak telor bang sapei, terima pesanan kerak telor, terima panggilan kerak telor, kerak telor, makanan khas jakarta, makanan khas betawi, kerak telor betawi, inilah 7 alasan kerak telor digandrungi wisatawan3 Bahan dasar Ketan dan Telor

nah di point tiga ini, akan menjawab point 2 yaitu kenapa tidak tumpah bahan-bahan nya ketika posisi wajan dibalik mengarah kebawah. adapun bahan dasar nya adalah ketan dan telor. nah ketan dan telor ini berfungsi kurang lebih seperti lem yang menempel. ya, telor dan ketan ini menempel di wajan dan posisi nya tidak jatuh (dengan catatan, posisi kerak telor sudah diaduk merata dan sudah mengering di wajan). Nah telor dan ketan ini merakat bersamaan. Untuk ketan yang digunakan adalah ketan putih, sedangkan untuk telor yang digunakan adalah telor ayam atau telor bebek.

4 Menggunakan Bara sebagai Pembakarnya

Nah ini unik berikutnya, yaitu kerak telor dimasak diatas bara api didalam tungku. Jadi memasak kerak telor ndak bisa sembarangan, tidak menggunakan kompor minyak atau juga kompor gas tapi hanya menggunakan tungku yang isisnya bara api. Aroma dan rasanya akan berbeda jika pemasak yang digunakan selain tungku bara api.

5 Pakaian khas Penjual Kerak Telor

Nah yang ini unik lagi, yakin dah kalo abang-abang dan mpok-mpok sekalian jalan-jalan ke festival-festival gitu bakal ngeliat penjual kerak telor akan menggunakan pakaian khas betawi jaman dahulu. keren dan top dah, pakaian semacem baju kokoh dah plus celana, lengkap dengan peci nya ditambah gesper (ikat pinggang) yang khas betawi dan juga sarung yang biasa dijadikan slempang dipundak atau kadang-kadang sarung diiket dibagian perut melingkari baju khas nya. kebayang gak kira-kira? nanti seaching aja dah ye, atau di web Kerak telor bang sapei ini juga ada kok contohnya, sering-sering berkunjung dah ye, eaaaa..

6 Alat pengaduk Kerak telor

Nah, ini hampir lupa, buat ngaduk kerak telor saat pembuatan juga unik, biasanya kalau mpok-mpok masak dirumah kalo ngaduk masakan pake apa? pake centong / sendok / codet sayur ya, ya seputar itu dah. klo ini mah beda, kerak telor diaduknya pake rotan yang udah di buat menyesuaikan adukan. kebayang gak yah sama abang-abang dan mpok-mpok sekalian, ya minimal ada gambaran dah ya.

dah segitu dulu aja dah abang-abang dan mpok-mpok sekalian, moga artikel ini manfaat terutama buat yang ingin wisata ke jakarta, jadi dah ada gambaran seputar kerak telor dan keunikannya. Tapi gimana kalau pengen nyobain kerak telor tapi gak ketemu temu tuh yang jual kerak telornya? hmmm… bang Sapei punya solusinya, kerak telor bang sapei melayani Layanan Delivery Order kerak telor. buka dari pukul 10.00 sampai pukul 17.00 sore.

hotline kami 081314658527  |  0812 90000 434 |  0856 0000 7750

harga kerak telor ayam Rp. 20.000/ Porsi

Harga kerak telor bebek Rp. 25rb/porsi

makasih banyak abang-abang dan mpok-mpok sekalian dan berkunjung ke website aye. makasih ye.

Incoming search terms:

  • ciri khas kerak telor
  • keunikan makanan kerak telor
  • keunikan kerak telur
  • keunikan kerak telor jakarta
  • keunikan makanan kerak telur
  • keunikan kerak
  • kerak telor keunikan
  • keunikan tentang kerak telor
  • kerak telor dan keunikannya
  • ringkusan keunikan kerak telur betawi

Tags: ,

Category: artikel

About the Author ()

Leave a Reply